Senin, 14 Juni 2010

DEPUTY FORCE COMMANDER UNIFIL KUNJUNGI BASE CAMP INDONESIA


( S M - Naqoura , Lebanon). Deputy Force Commander (DFC) UNIFIL yang baru Brigjen Santi Bofanti yang berasal dari Italia kemarin Minggu ( 13/6) melakukan kunjungan resmi base camp Indonesia.


Base Indonesia yang dikunjungi, Base Camp Sudirman sebagai area Perkantoran serta Markas Satgas Indo Force Headquarter Support Unit (FHQSU) Konga XXVI-B1 dan Satgas Indo Force Protection Company (FPC) Konga XXVI-B2, yang bertempat Naqoura Lebanon Selatan.


Dalam kunjungannya, diterima langsung oleh Dansatgas Indo FHQSU Kolonel Inf Restu Widiyantoro, Dansatgas 1st Indo FPC Letkol Inf Fulad serta Dansatgas 2nd Indo FPC Kapten Inf Imam Wicaksono.



Kunjungan pejabat nomor dua di UNIFIL kali ini, merupakan yang pertama kali semenjak Brigjen Santi Bofanti menjabat sebagai DFC United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), yang merupakan suatu kewajiban beliau untuk melihat secara langsung pasukan-pasukan atau kontingen-kontingen Negara yang dipimpinnya.


Adapun tujuan dari kunjungan, untuk menginspeksi kesiapan operasional serta adaptasi pelaksanaan tugas berdasarkan perintah-perintah dari Komando Tertinggi UNIFIL.


Selama kunjungan, dirinya menerima paparan seputar tugas pokok organisasi dan kekuatan personil Indo yang disampaikan Kolonel Inf Restu Widiyantoro selaku Dansatgas Indo FHQSU. Usai menerima paparan, melanjutkan kunjungan di Markas Satgas Indo FHQSU dan Satgas Indo FPC yang berada di New Land , Naqoura. Dalam kunjungannya di base camp, dirinya menerima jajar kehormatan DFC dan disambut langsung Dansatgas Indo FPC Letkol Inf Fulad serta para Perwira Satgas.


Selanjutnya, Brigjen Santi Bofanti melihat dan melaksanakan kunjungan ke lapangan untuk memeriksa kondisi Alutsista berupa Ranpur VAB serta “ANOA” yang saat ini menjadi tumpuan utama Satgas Indo FPC untuk mengamankan wilayah tanggung jawab pengamanan Markas Besar UNIFIL. Setelah melihat kondisi keseluruhan kesiapan kendaraan ringan dan kendaraan tempur tersebut, DFC juga menyempatkan diri meninjau langsung barak atau tempat tinggal para prajurit Garuda serta langsung memasukinya.


Brigjen Santi Bofanti merasa puas dengan kelengkapan dan kesiapan Konga XXVI-B1 dan B2, karena sesuai dengan hasil inspeksi yang dilakukan oleh Tim dari UNIFIL bahwa Kontingen Indo FHQSU dan Indo FPC siap untuk operasional. Dengan kesiapan dan profesionalisme yang dimiliki ini, Deputy Force Commander memiliki keyakinan bahwa tugas-tugas pertahanan dan Keamanan Markas Besar UNIFIL dapat diemban dengan baik. DFC mengucapkan apresiasi yang tinggi atas kerja dan peran Satgas Indo FHQSU serta 1st dan 2nd Indo FPC yang telah memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap pertahanan, keamanan, ketertiban serta manajemen “Camp” di lingkungan Markas Besar UNIFIL.


Diakhir kunjungan yang paling menarik, sebelum melakukan foto berasama dengan seluruh Perwira Satgas Indo FHQSU dan Satgas Indo FPC, tiba-tiba dirinya meneriakkan kata-kata “Garuda” dengan lantang serta fasih yang ditujukan untuk menambah semangat para prajurit TNI. Selanjutnya acara diakhiri dengan mengunjungi monumen Garuda/Garuda Cenothape yang berada di areal depan Sudirman Camp dan merupakan hasil karya prajurit Satgas Konga (RST 113).

1 komentar:

  1. The Officer after UNIFIL DFC was me, when I was deployed there 2009-2010.

    Mecy Beaucoup

    BalasHapus