Kamis, 29 April 2010

KOMANDAN SEKTOR TIMUR UNIFIL TINJAU AREA OPERASI INDONESIA

(Adshit Al-Qusayr - SM 29/04). - Komandan Sektor (Dansektor) Timur UNIFIL Brigjen (SPA) Juan Gomez de Salazar Minguez dengan didampingi Wadan Sektor Timur UNIFIL - Kolonel Inf Surawahadi melakukan kunjungan kerja ke Satgas Yon Mekanis Konga XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion/ Indobatt) dalam rangka meninjau seluruh Area Operasi Indobatt. Dansektor diterima langsung oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Konga XXIII-D/Unifil, Letkol Inf Andi Perdana Kahar di Markas Batalyon Indobatt Adshit Al-Qusayr UN Posn 7-1, Rabu (28 April 2010).

Kedatangan Dansektor yang baru saja melaksanakan serah terima jabatan dengan pendahulunya ini, disambut oleh jajar kehormatan dan barisan perwira Indobatt serta disuguhi penampilan Mobile Command Post (MCP) di lapangan Soekarno Base yang menampilkan kesiapan Indobatt dengan kendaraan tempur “Anoa” karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Panser "Anoa" tersebut baru saja diterima oleh Indobatt dan merupakan salah satu produk primadona PT. Pindad yang dipamerkan dalam arena Defences Services Asia Exhibition and Conference 2010 dan PT SME Ordnance di Kuala Lumpur, Malaysia. Panser 6X6 Pindad yang ditampilkan dalam MCP kali ini, merupakan kendaraan tempur pengangkut personel dengan sistem penggerak roda simetris yang dirancang khusus untuk TNI AD, khususnya Kavaleri. Panser ini juga dilengkapi dengan "mounting" senjata 12,7 mm yang dapat berputar 360 derajat. Panser ini dapat mengangkut 10 personel dengan tiga kru, satu komandan, dan satu "gunner".

Dilanjutkan dengan paparan Dansatgas, Brigjen (SPA) Juan Gomez de Salazar Minguez menyatakan betapa pentingnya Medical Unit dalam pelaksanaan tugas misi perdamaian di Lebanon Selatan ini. Penjelasan Kasi CIMIC Mayor Inf Rois menyakinkan beliau, bahwa Medical Assistance senantiasa rutin dilaksanakan oleh CIMIC (Civil Military Cooperation) Indobatt di seluruh desa-desa di area operasi Satgas.

Setelah jamuan makan siang bersama di Dining Hall Indobatt, acara dilanjutkan dengan peninjauan ke Kompi C pada salah satu Observation Post-nya yang berada di atas Sungai Litani, Kompi B dengan Syekh Abbad Tomb-nya dan Kompi A dengan Observation Post (Panorama- Kafer Kela). Masing-masing Komandan Kompi memberikan paparan singkatnya langsung di lapangan dan bukan seperti biasanya di dalam ruang briefing.

Pada kesempatan ini pula, Dansatgas memberikan cinderamata sebagai tanda penghargaan atas kunjungan Komandan Sektor Timur UNIFIL ke Indobatt dan hal ini ditanggapi dengan sangat bangga oleh beliau. Hal ini jelas tertuang pada kesan dan pesan yang ditulis oleh Dansektor di atas Buku Tamu Indobatt : “It is an honor for me to have among SECEAST Units this excellent INDOBATT. Seeing as your work, I’am sure you will perform the assigned missions successfully. Good luck. Thankyou very much for your delivery (rstm113).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar