Rabu, 02 Juni 2010

KONTINGEN GARUDA XXVI BERPARTISIPASI OPERATION BIG BLUE DI LEBANON

(S M ) - Kontingen Garuda XXVI yang sedang melaksanakan tugas operasi pemeliharaan perdamaian di Lebanon dibawah naungan bendera PBB selasa kemarin (1/6) ikut berpartisipasi dalam Operation Big Blue.
Adapun Kontingen Indonesia yang terlibat, Satuan tugas force headquater support unit (FHQSU) Garuda XXVI-B1 dan Garuda XXVI-B2 Indo force protection company(FPC) yang berada di Markas besar UNIFIL Naqoura, Lebanon Selatan.
Bentuk operasi yang digelar, pemuda berkumpul bersama untuk pembersihan kawasan pantai. Hal ini, atas permintaan Menteri Olahraga dan Pemuda Lebanon Dr. Ali Abed Allah kepada UNIFIL.

Satgas Indo FHQSU yang mempunyai peran sebagai satuan pendukung pelaksana kegiatan sehari-hari di Markas Besar UNIFIL terlebih mempunyai peran yang diembannya, pertahanan, keamanan dan managemen kebersihan serta ketertiban di Makasnya sehingga Konga VI merasa terpanggil.
Melalui Komandanya, Kol.Inf Restu Widiyantoro segera bereaksi untuk berpartisipasi dalam melaksanakan serta segera mengerahkan personil TNI yang berada di wilayah tanggungjawabnya di sepanjang pantai Naqoura.
Kegiatan yang dilakukan, melaksankan pembersihan di sepanjang pantai Arida di utara Lebanon hingga pantai Ras El Naqoura Lebanon Selatan. Selain Konga XXVI yang terlibat, Organisasi Palang Merah, Militer setempat, Organisasi kepemudaan sipil, para pelajar dan mengikutsertakan para nelayan setempat.
Menurut Kol Inf Restu Widiyantoro, kegiatan tersebut merupakan suatau hal yang sangat positif karena kehadiran Pasukan Garuda di Lebanon sebagai pasukan penjaga perdamaian di bawah bendera PBB. Selain itu dirinya juga mengungkapkan, Satgas mempunyai komitmen untuk ikut berpartisipasi, mendukung serta bekerjasama dengan masyarakat maupun pemerintah Lebanon (rstm 113)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar