Rabu, 31 Maret 2010

KONTINGEN GARUDA XXIII-D/UNIFIL TUTUP KURSUS KOMPUTER


(SM, Jakarta , 31/3) Kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL dalam program kerja CIMIC (Civil Military Cooperation), terwujud dalam bentuk kerjasama dengan pihak sipil terkait yang berada di wilayah Lebanon Selatan, salah satunya dengan Khiam Rehabilitation Center (sebuah badan kemanusiaan yang bergerak dalam bidang sosial untuk membantu memulihkan psikologis korban perang tahun 2006 di perbatasan Israel-Lebanon)।

Perwujudan kerjasama kedua pihak tersebut, dituangkan dalam bentuk program pengajaran kursus komputer bagi ibu-ibu Lebanon yang telah berlangsung sejak tanggal 20 Februari 2010, dengan ruang lingkup pengajaran meliputi software Microsoft Office (Word, Excel dan Powerpoint) dan melibatkan tenaga pengajar staf CIMIC Indobatt yang mendapatkan asistensi dari para Interpreter Bahasa Lebanon .


Setelah berlangsung selama hampir satu bulan, maka kegiatan kursus komputer tersebut ditutup oleh Komandan Indobatt Letkol Inf Andi Perdana Kahar pada hari Selasa 30 Maret 2010 dan bertempat di gedung serbaguna Khiam Rehabilitation Center (KRC) serta dihadiri oleh perwira staf Indobatt, perwira staf CIMIC Sektor Timur UNIFIL, Mochtar Bani Hayyan, pimpinan KRC dan peserta kursus komputer.

Acara penutupan yang berlangsung secara khidmat tersebut diawali dengan kegiatan ujian akhir bagi seluruh peserta kursus yang berlangsung selama hampir satu jam. Dalam ujiannya, setiap peserta kursus dituntut untuk menjawab persoalan praktek dengan menggunakan laptop yang telah disediakan bagi masing-masing individu.

Dengan demikian, setiap peserta ujian tidak dapat bekerja sama dalam menyelesaikan persoalan yang telah diberikan kepada mereka. Di akhir ujian, setiap peserta diwajibkan untuk menyimpan hasil pekerjaannya di sebuah flashdisk yang telah diberikan oleh Indobatt kepada setiap individu secara gratis.

Usai melaksanakan ujian, seluruh peserta kursus yang mayoritas ibu-ibu ini selanjutnya mengikuti acara penutupan.

Dansatgas Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL, Letkol Inf Andi Perdana Kahar Saat dihubungi via Phone, mengatakan, “kursus komputer sebagai wujud kerjasama Indobatt yang mewakili UNIFIL dengan Khiam Rehabilitation Center merupakan sebuah kegiatan kemanusiaan dan bertujuan membantu masyarakat Lebanon khususnya para ibu-ibu rumah tangga dan terlehbihnya untuk mengenal komputer serta teknologi।

Di penghujung acara, Komandan Indobatt dengan didampingi pimpinan KRC dan perwira staf CIMIC Sektor Timur berkenan menyerahkan ijasah hasil kursus komputer kepada para peserta kursus yang telah berhasil menyelesaikan seluruh materi pengajaran dengan lancar (rstm 113).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar